Rabu, 11 Mei 2011

Proyek Jembatan Pabelan Terkendala Cuaca

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang
, apa yang terlintas dalam pikiran adalah biasanya informasi dasar yang tidak terlalu menarik atau bermanfaat. Tapi ada lebih banyak untuk
dari sekadar dasar.
Jika Anda dasar apa yang Anda lakukan pada informasi yang tidak akurat, Anda mungkin akan tidak menyenangkan terkejut oleh konsekuensi. Pastikan Anda mendapatkan cerita
keseluruhan dari sumber-sumber informasi.

MAGELANG, KOMPAS.Com - Kementerian Pekerjaan Umum optimistis, pembangunan jembatan Pabelan di jalur utama Magelang-Yogyakarta di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, selesai sesuai jadwal, meskipun cuaca  ekstrim akhir-akhir ini menjadi kendala.

"Jika hujan pekerja harus istirahat, karena kerangka baja menjadi licin," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Secang-Pringsurat-Muntilan-Salam Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jateng, Budi Sudirman, di Magelang, Rabu.

Menurut dia, Sungai Pabelan juga masih sering dilanda banjir lahar dingin, meskipun tidak sebesar periode Desember-Maret 2011. Hal itu membuat pengerjaan "groundsile" dan talut di tebing kanan dan kiri sungai terhambat. Setiap ada banjir otomatis pengerjaan dihentikan.

Pelaksanaan pembangunan jembatan sudah berhasil memasang 10 segmen rangka baja. Setiap segmen terdiri atas lima meter. Jembatan Pabelan memiliki bentangan 60 meter, tinggi 5,5 meter dan lebar 9 meter.

"Kami bekerja siang dan malam. Meskipun ada banjir lahar dan hujan kami optimistis pemasangan konstruksi rangka baja akan selesai paling lambat pertengahan bulan ini," katanya.

Ia mengatakan, PT Adhi Karya selaku kontraktor sudah selesai membangun abutmen atau fondasi jembatan. Setelah rangka jembatan selesai dipasang, akan dilanjutkan pelepasan konstruksi rangka "counter weight" atau jembatan penyeimbang dan kemudian pemasangan pelat besi untuk lantai jembatan.

Kemudian dilakukan pengecoran lantai jembatan. Untuk fondasi jembatan dan lantai jembatan diberi cairan khusus untuk pengeras.

Pada umumnya bangunan yang dicor baru akan bisa digunakan setelah 28 hari. Karena itu perlu diberi cairan tersebut agar pekerjaan bisa selesai menjadi delapan hingga 10 hari.

Menurut dia, pekerjaan lain yang masih menunggu, antara lain pengecoran abutmen yang dijadikan tempat pijakan konstruksi jembatan dan pengaspalan lantai jembatan.

Budi optimistis pembangunan jembatan dengan berat kerangka baja 190 ton itu akan selesai tepat waktu, sehingga pada minggu pertama Juni 2011 Jembatan Pabelan sudah bisa digunakan kembali.

 

Sumber: ANT

Sebagai pengetahuan Anda tentang
terus tumbuh, Anda akan mulai melihat bagaimana
cocok ke dalam skema keseluruhan hal. Mengetahui bagaimana sesuatu berhubungan ke seluruh dunia juga penting.

Tidak ada komentar: